tentang papan blrand lokal dan blank

Sabtu, April 28, 2012

Beberapa  waktu yang lalu diminta sama Wisnu Bokep buat nyumbang artikel untuk skatezine yang sedang dia rintis, Bakspaper Skatezine (RIP). Setelah sekian lama akhirnya jadi juga. selamat menikmati


Duit pas-pasan butuh papan? Coba buka Komputer yang terkoneksi internet buka facebook atau situs-situs jejaring sosial lainnya. Buka facebook coba lihat news feed anda, anda bakal ngelihat banyak papan yang dijual. Atau kalo nggak punya facebook coba bersilaturahmi ke skateshop terdekat, disana bakal banyak pilihan papan dari yang harganya bersahabat sampai harga yang ngajak berantem. Cari yang murah?coba cari skateshop/orang yang jual papan merk lokal atau blank. Papan lokal harganya berkisar antara 350-450 ribu dah termasuk grip tape, papan blank sekitar 280-350 ribu. Hayo, mau pilih yang mana? Bingung?

 
Papan Brand Lokal
Dimiliki skater lokal, biasa dipesan langsung dari Canada/US, seluruh proses dari pemotongan, pengeleman, pengepresan, sampai nyablon juga dilakukan disana. Kadang juga ada merk lokal yang beli blank deck ( ga tau dari china ato Canada/US) terus di sablon di Indonesia.
Kualitas? selama masih dibuat di Canada/us dengan pembuat skateboarder beneran nggak masalah, bisalah dibandingin sama papa merk luar (US/Canada tentunya bukan merk china).
Desain? Hmm ini agak sulit dari beberapa brand papan lokal yang pernah saya lihat hanya beberapa yang berani melakukan inovasi dengan desain yang cukup unik dan berkarakter. Sisanya? Keliatan kalo Cuma jadi follower brand luar. Tapi ga papalah namanya juga baru merintis usaha nanti kalo dah agak lama juga dapet karakternya.
Support scene skate lokal? Dari beberapa brand skate local mereka semua mensupport scene skate lokal baik support skater berbakat, support event skate, support majalah skate dengan beriklan disana, support video dengan bikin video/ nyeponsorin video, yang jelas support kantong skater lokal hehehe…. Dengan kamu membeli brand papan lokal berarti kamu juga support scene skateboarding di daerahmu sendiri yang akhirnya kamu juga yang untung.
Papan Blank
Papan blank merupakan jenis papan luncur tak bergambar atau polos. Papan blank banyak dibuat oleh produsen dari USA/Canada dan china. Beberapa tahun yang lalu nggak gampang nyari papan blank, kalo adapun papan blank yang bermerk (m******o), papan blank bermerk tersebut harganya juga hampir sama dengan papan merk local. Kini papan blank banyak ditemui dari skateshop, skater, sampe penjual sepatu pun ikut-ikutan jual papan blank. Harga papan blank lebih murah dibandingin papan bermerk lokal. Beberapa artist local-pun banyak tertollong dengan kehadiran blank deck ini, karena kalo mereka mau bikin karya pake papan nggak usah ngerogoh kocek terlalu dalam untuk beli papan bermerk.
Kualitas?  selama masih dibuat di Canada/US dengan pembuat skateboarder beneran nggak masalah, tapi kalo produksi negara lain wallahualam.
Desain? Salah satu keuntuingan kalo pake papan blank adalah bisa digambari sendiri, atau kalo istilah bulenya “ you can make your own D.I.Y skateboards graphic”. Mau pake sticker, pylox, aclyric, cat minyak, pastel, plester, atau apa aja terserah bebas, ga ada yang ngelarang.
Support Scene Skate local? Support kantong sih iya, tapi kalo support scene skate pada tataran yang lebih luas? Selama kamu beli papan blank di skateshop yang punya dedikasi sama scene skate lokal ga masalah, tapi kalo kamu beli papan blank sama orang-orang ga jelas atau tukang yang jual sepatu atau gelang power belens? Gak jamin mereka mau ngasih support scene skate lokal. Selain itu nggak bakalan produsen blank deck yang masang iklan di majalah, bikin video, atau nyeponsori skater-skater bertalenta.
Terus gimana dong? Beli papan blank atau brand lokal? Kalo kamu emang suka desain, nggambar, atau kamu bermimpi punya papan skate limited dengan tanda tanganmu di atas papannya mungkin blank deck bisa jadi pilihan. Tapi kalo kamu peduli sama scene skateboarding di tempat kamu berada, papan merk lokal pilihan yang tepat. Biarpun harganya sedikit lebih mahal dari papan blank mereka bisa memberi support yang nyata bagi perkembangan scene skate di kotamu atau bahkan di negaramu.
Sekian
Terimakasih




You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook