gak jadi ikut ya udah dipajang disini aja

Jumat, Februari 25, 2011

Berapa waktu yang lalu tersiar kabar bahwa jurusan komunikasi UI mengadakan sejenis lomba iklan untuk kalangan mahasiswa. Dilomba tersebut mahasiswa diminta untk melakukan sesuatu untuk meredam persepsi negatif terhadap sesuatu yang diprasangkai tersebut.Sayapun tertarik utnuk mengikuti kompetisi ini lumayan hadiahnya magang di advertising agency di jakarta.Dalam kompetisi ini saya menggandeng kawan saya Aswin Mustafidz untuk diajak bekerjasama membuat sebuah kampanye untuk meredam persepsi negatif tersebut.

Dengan target primer diri sendiri membuat saya bingung harus melakukan apa selain itu, saya juga bingung persepsi negatif apa yang mau diredam karena saya dan kawan saya modelnya bisa menerima keadaan dengan pikiran postif, lalu saya medapat ide bagaimana jika mencoba mengubah persepsi mahasiswa tentang seorang dosen/ kelasnya, kebetulan ditempat saya ada seorang dosen yang banyak mendapat persepsi negatif dari mahasiswanya. Kalo kata teman-teman saya yang pernah mengambil kelas dosen tesrebut dosen tersebut suka memberikan kritikan hingga hal-hal yang sangat detail pada karya yang dibuat mahasiswa. Kabar dari teman-teman saya tersebut otomatis membuat teman-teman saya yang akan mengambil kelas beliau menjadi takut ketika akan mengambil kelas beliau hal tersebut bisa dilihat di timeline twitter di hari-hari menjelang jadwal di kelas beliau. Padahal jika dipikir-pikir apa yang dilakukan dosen tersebut adalah untuk kebaikan mahasiswa sendiri namun sayangnya mahasiswa tidak bisa menerima cara-cara dosen tersebut.

Berdasarkan masalah diatas lalu saya  mendapat ide untuk mengubah persepsi teman-teman (dan saya sendiri tentunya) mengenai dosen tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan kaos sebagai media komunikasi. Mengapa kaos? Karena kaos adalah salah satu media untuk mengekspresikan diri, dengan demikian diri kita sendiri dapat terpersuasi oleh pesan yang ada dalam kaos tersebut dan orang lain yang melihat juga dapat sadar apa yang dilakukan si dosen adalah untuk kebaikan mereka juga. Kaos tersebut cukup sederhana hanya bertulisakan " lebih baik hari ini dicerca dosen, daripada esok hari dimaki klien". Tujuannya ya seperti yang sudah saya tuliskan tadi, yaitu untuk mempersuasi teman-teman saya agar persepsi tentang dosen tersebut dapat berubah menjadi persepsi positif. Jika mahasiswa sudah bisa berpikir positif  maka kelas akan menjadi menyenangkan dan bersemangat tentunya juga akan meciptakan kondisi yang kondusif.

Namun sayang, karena saya jarang sekali berkomunikasi dengan partner saya (jujur saja parter saya belum melihat desain ini) entah sekedar menyakan kelanjutn project ini atau hanya sekedar bertukar pikiran, saya juga agak ragu untuk mengirimkan karya ini ke panitia PEKOM UI 2011. Dan jadilah karya ini tidak jadi saya kirimkan.

You Might Also Like

5 comments

  1. apik lohh! boleh tu diproduksi! saya mau beli :))

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. wah boleh juga tuh, tapi desainnya dipermak dulu hehehe biar lebih menarik

    BalasHapus
  4. mas, cara bikin desain begitu di kaos gimana sih? apa nyari gambar kaos polos dulu apa gimana?

    salam dari surabaya ;D

    BalasHapus
  5. iya kamu cari gambar kaos polos dulu kalo bisa yang ada lekuk2annya, terus gambarnya kamu impor dicorel habis itu ditranspancey multiply, jadideh gamabr kaos ditaruh diatas desain yg kamu mau

    BalasHapus

Like us on Facebook