Kaos Kelas

Selasa, April 19, 2011

Kaos kelas adalah salah satu benda wajib yang harus dimiliki siswa siswi berseragam putih biru maupun putih abu-abu di seluruh penjuru negeri. Secara simbolis kaos kelas menyimbolkan sebuah kekompakan dan solidaritas siswa siswi dalam suatu kelas. Penggunaannya di event-even tertentu di sekolah maupun ketika sekolah sedang mengadakan studi wisata membuat kaos kelas makin digandrungi siswa siswi agar mereka terlihat keren dan kompak selalu. Atas motivasi tersebut beberapa kelas yang pernah saya singgahi memutuskan untuk membuat kaos kelas agar terlihat kompak dan trendi, tentunya agar tidak kalah gengsi dengan kelas lain yang sudah membuat kaos lebih dulu. Berikut ini sepenggal cerita dari kaos-kaos kelas yang saya punya

1. Kaos kelas F "eph civilization"

Kaos kelas F tampak depan

kaos F tampak belakang

Kaos ini dibuat sekumpul siswa siswi yang baru baligh di kelas F SMP negeri 5 yogyakarta, kalo tidak salah kaos ini dibuat waktu kelas 2. Didesain bersama-sama satu kelas dengan papan tulis dan coret-coretan di kertas (zaman dulu belum mengenal corel draw atau semacamnya), caranya satu anak memberikan usulan gambar atau tulisan kemudian koordinator menggambarkan usulan tersebut di papan tulis. Hasilnya jadilah kaos bergambar bolak-balik (sesuai trend kaos kelas masa itu yang bolak-balik). Gambar depan diberi gambar lalat dan tulisan Fly (lalat dalam bahasa inggris) entah apa maksudnya, sedangkan gambar belakang diberi gambar benang kusut dengan tulisan "seruwet pikiran kami waktu membuat kaos oblong ini) dan tidak lupa diberi identitas kelas "Eph Civilization".
oh iya hampir terlupakan...kaos ini dibuat di waton salah satu vendor terkenal yang sudah emnjadi langganan pembuatan kaos kelas pada masa itu.

2. Kaos XI IPS2 "Social Rebel"
Ini kaos yang dibuat waktu saya kelas 2 SMA. Merupakan kaos kelas IPS 2 SMA N 4 Yogyakarta dan cukup berjasa dalam menyerap keringat waktu pelajaran olah raga bersama Pak Dib. Didesain oleh kawan saya Rizal dan dibuat ditempat senior saya. Sayang kualitas sablonnya tidak begitu baik sehingga sablonnya mudah sekali mengelupas. Masih dibuat dengan model bolak balik (tapi gambar baliknya tidak saya tampilkan disini karena sudah tidak kelihatan lagi dan gambarnya hampir sama kayak gambar depannya). Desain bergambar siluet orang, dan gambar padi, pada era itu kurang afdol jika sebua desain anak SMA tidak menggunakan kedua elemen tersebut. Tidak lupa sebuah tulisan yang menjadi identitas kelas kami "Social 2 Rebel". Entah apa yang dipikirkan kawan saya pada waktu itu, mungkin dipikirnya kalo anak kelas sosial itu harus memberontak kali ya?

3. Kaos XII IPS 1 "Social One"

Ini kaos kelas yang dibuat waktu saya kelas 3 SMA di kelas XII IPS 1 masih di SMA 4 Yogyakarta. Kebetulan desain ini saya yang buat, waktu itu saya bikin beberapa desain untuk kaos kelas dan desain ini yang dipilih oleh teman-teman saya. Kaos ini bergambar sekumpul makhluk yang bersatu membentuk gambar hati dipadu dengan tulisan SOCIAL ONE, secara eksplisit pasti orang-rang yang melihat kaos ini sudah pasti tahu bahwa ini kaosnya anak kelas IPS 1, namun ada makna yang lebih dalam yang mau saya sampaikan disini yaitu jika anak-anak kelas IPS satu bersatu akan membentuk sebuah kekuatan cinta dan kedamaian hahaha.... begitulah mungkin yang mau saya sampaikan. Kaos ini dibuat di poppies lab salah satu vendor yang ada didekat sekolah saya dan hasilnya cukup bagus, terbukti sampai sekarang sablonannya masih bagus mungkin kainnya yang sedikit agak mbladus.

Sekian tulisan saya tentang kaos kelas ini semoga jika teman satu kelas SMP atau SMA saya membaca tulisan ini bisa sejenak bernostalgia menyelami masa-masa indah di sekolah.

You Might Also Like

2 comments

Like us on Facebook