inikah yang dinamakan viral?

Sabtu, Juni 04, 2011

Tulisan pindahan dari www.diarymatahari.blogspot.com, Jum'at 20 mei 2011


Satu tahun yang lalu entah di kelas Penulisan Naskah Iklan atau Perencanaan Media Iklan saya mendengar istilah viral marketing , viral marketing itu sejenis word of mouth di dunia nyata tapi kalo ini menggunakan teknologi. Hari ini saya meraskaan dampak dari viral tersebut. Beberapa waktu yang lalu saya bikin artwork plesetan kaleng khong guan, tanggapan dari teman-teman saya cukup baik tentang artwork ini. Akhirnya artwork tersebut sempet dibuath kaosnya juga, alhamdulillah yang pesen banyak itung-itung bisa buat beli tiket buat pulang KKN. Tadi malam saya dikasih link sama teman saya Arie salah satu thread di kaskus.com yang memposting  artwork yang sudah saya buat, saya pun hanya tersenyum senang karena akhirnya artwork saya ada yang mengapresiasi denagn men-share di internet. Sayapun tidak begitu mempedulikan apakah dicantumkan sumber atau tidak yang penting orang-orang senang dengan apa yang telah saya buat.

artwork parodi khong guan yang beberapa waktu lalu saya bikin
kehebohan di twitter akibat artwork yang saya buat

Tadi pagi sekitar jam 9an saya buka twitter dan ngeliat twit dari Glen Marsalim yang ngeretwit postingan gambar artwork khong guan tersebut yang di-upload di yfrog. Tampaknya artwork saya sudah berpindah dari kaskus ke twitter. Sayapun iseng search kata khong guan di twitter dan hasilnya adalah hampir semua twit yang keluar adalah twit tentang artwork saya tersebut dari yang retweet sampai yang di reupload. Makin siang makin banyak saja yang meretwit postingan artwork tersebut. Tampaknnya ada orang ber-follower banyak yang mengupload artwork saya jadinya follower mereka yang tertarik langsung meretweet twit tersebut. Jadilah artwork yang saya buat beberapa bulan yang lalu mendadak terkenal. Bahkan ada yang nge-upload gambar dummy kaosnya (kayaknya ambil di blog saya) dan jadilah orang-orang yang tertarik untuk memesan kaos ini. Ditambah lagi kakak angkatan saya Brama yang memberitahu bahwa artwork ini bikinan saya, jadilah orang-orang meminta saya untuk memproduksi kaos ini lagi.

Jujur saja saya senang, bukan karena banyak yang mau pesan kaos tetapi menghibur orang dengan karya yang saya buat. Apresiasi dari kaskus/ twitter yang saya lihat cukup bisa menjadi suntikan semangat bagi saya untuk berkarya lagi lebih gila lagi. Apresiasi tersebut terilhat dari comment, retwit, dan reupload yang dilakukan untuk membgai gambart tersebut.

Untuk menutup tulisan ini saya ucapkan terima kasih pada agan2 kaskus yang nge-posting artwork saya di kaskus serta mas Kenny Santana (@qnoy2) yang telah mengupload artwork saya di twitter (pertama kali), sehingga membuat lebih banyak orang bisa tertawa atau senyum-senyum dengan melihat karya yang sudah saya buat.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook