Rencana dibalik sebuah rencana

Senin, Desember 12, 2011

Setelah beberapa waktu blog ini diisi postingan yang agak absurd, sekarang saya nyoba nulis sesuatu yang sedikit bisa diambil hikmahnya :).

Ceritanya begini....

Semester 6 lalu saya merencanakan untuk mengisi semester 7 dengan magang di salah satu agensi iklan. Rencananya saya akan melamar sebagai copywriter selama kurang lebih 3 bulan di agensi manapun yang mau menerima saya. Niatnya sih di Jakarta sekalian cari pengalaman merantau, soalnya saya sejak kecil hingga umur 21 tahun belum pernah merasakan pergi ke luar kota sendiri dalam waktu yang lama. Sebenarnya, magang  bukanlah hal yang wajib dilakukan di kampus saya tapi karena ingin mencari pengalaman di dunia kerja saya mencoba melakukannya. Di pertangahan Juni saya mengirim lamaran magang via email ke beberapa agency di Jakarta di bulan oktober-desember. Alhamdulillah ada yang merespon dan mengabarkan bahwa saya diberi kesempatan untuk magang disana selama tiga bulan. Senang sekali mendapat email balasan tersebut. Waktu itu masih bulan Juni dan saya melamar untuk bulan oktober, berarti saya harus menunggu kurang lebih 3 bulan lagi untuk bisa magang.

Juni, Juli, Agustus, September. Wah tinggal sebulan lagi saya bisa magang. Keinginan untuk segera magang tersebut semakin tak terbendung karena  saya sangat senggang di semester 7 ini ditambah cerita teman-teman yang sudah magang lebih dulu tampaknya asyik sekali. Semester ini saya tidak mengambil mata kuliah satupun, saya pikir kuliah efektif hanya 5 bulan jika saya magang 3 bulan berarti kuliah saya hanya 2 bulan saja. Bisa dibilang semester ini saya akan menganggur kurang lebih 2 bulan, 1 bulan sebelum magang dan 1 bulan lagi sesudah magang. Kemudian saya kirim email ke kantor tujuan tempat saya magang untuk menanyakan tanggal berapa saya bisa mulai magang. Email tersebut dibalas. Saya pun mendapat kejutan, yak magangnya  diundur satu bulan!!! Saya agak kecewa waktu itu karena saya bingung 2 bulan sebelum magang saya akan menganggur dan saya bukan tipe orang yang suka menganggur. Namun setelah dipikir-pikir tidak ada gunanya untuk mengecewai hal-hal seperti itu, jangan kecewa karena sesuatu tidak berjalan sesuai rencana kita. Dan saya percaya bahwa Allah punya rencana lain dibalik rencana hamba-hambanya. Setelah dipikir-pikir ulang pasti banyak hal yang bisa dilakukan 2 bulan sebelum mulai magang.

Ternyata benar saja, ada banyak hal yang bisa saya lakukan selama menganggur. dibulan Oktober- November ada beberap lomba iklan tingkat mahasiswa yang cukup bergengsi. Jika saya magang saya tidak akan bisa mengikuti lomba-lomba tersebut karena lomba tersebut adalah tim dimana satu tim harus ada dua orang. Saya bersyukur sekali magangnya diundur karena saya yakin pasti akan ada sesuatu dibalik mundurnya jadwal magang saya ini.Alhamdulillah dari beberapa lomba yang saya ikuti saya dan partner saya, Angga tembus sebagai finalis dan bisa mendapatkan medali. Saya jadi berpikirir, apa jadinya jika saya sudah mulai magang di bulan Oktober, pasti akan sulit untuk mencari partner atau berdiskusi membahas brief yang dilombakan.

Dari kejadian ini saya semakin percaya bahwa ketika kita mengarapkan/merencanakan sesuatu tetapi gagal atau tidak sesuai harapan pasti ada sesuatu yang  menanti di kemudian hari.
 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook