Ngerjain orang kok ya niat banget ya

Senin, Januari 23, 2012

Salah satu hal yang saya sukai dari teman-teman kampus saya adalah dalam hal ngerjain orang. Kalo ngerjain orang niat banget, mungkin ini turunan dari kakak senior saya  Awe Sangar yang menularkan ajaran sesat ini ke juniornya. Dulu saya pernah bikin tulisan tentang ngerjain temen saya Angga dimana saya, Awe dan teman-teman membuat kaos bergambar mukanya. Tulisan tersebut bisa dibaca disini. Setahun kemudian saya dan teman-teman mencoba membuat sebuah projek ngerjain orang yang lebih fenomenal dan menggunakan media yang lebih besar.

Proyek ini awalnya hanyalah sebuah keisengan saya ditengah mengerjakan UAS mata kuliah Manajemen Periklanan diawal tahun 2011. Tugasnya adalah membuat sebuah campaign dengan brand fiktif yang dibuat sendiri. Ditengah mengerjakan tugas kelompok tersebut, saya membuat parodi dari iklan yang saya buat hanya untuk lucu-lucuan dan tidak untuk dikumpulkan. Ketika itu kelompok kami membuat print ad dengan model Fahri Albar dan foto Fahri Albar saya ganti dengan foto Dirga yang telanjang dada dengan gagahnya. Hasil keisengan tersebut hanya saya perlihatkan kesegelintir orang saja dan hanya saya upload via twitter.

ini yang buat dikumpulin

ini yang buat ngerjain Dirga


Beberapa bulan kemudian di tengah kesebukan UAS semester 6 (sekitar bulan Juni) saya mengajak Cahya untuk bikin seru-seruan di facebook niatnya sih cuma buat nyairin suasana tegang karena UAS, itung-itung buat refreshing lah sama seperti ketika saya bikin proyek permainan tebak gadis. Kemudian Cahya saya minta buat ngupload foto Dirga yang saya bikin dulu melalui akun facebooknya. Dan hasilnya adalah sesuai harapan kami, semua senang semua terhibur kecuali Dirga :p. Untuk melihat keseruan yang terjadi saat itu bisa dilihat disini (tapi online FB dulu ya :D).

Ternyata keisengan kami tidak berhenti disini saja. Melalui comment, temen saya Kotek mengusulkan untuk memasukkan gambar ini di koran Kedaulatan Rakyat, salah satu koran lokal terbesar di Yogyakarta. Uang untuk memasukkan gambar nista tersebut ke KR pun didapat dari patungan teman-teman kampus, mulai dari angkatan 2010 hingga 2006 turut serta dalam menyukseskan proyek ini. Dengan senang hati mereka ikut menyumbang, sungguh sangat tidak terduga sebelumnya. Sampai akhirnya dana pun terkumpul dan ternyata tidak cukup cukup untuk memasang gambar tersebut di iklan KR. Kotek tidak kehebisan akal, akhirnya diputuskan gambar tersebut dipasang di koran kampus Bulaksumur Pos edisi Spesial mahasiswa baru yang terbit sekitar bulan Agustus/September. Awalnya dengan dana yang ada hanya bisa membiayai iklan hitam putih tak disangka teman saya Didi yang merupakan anak Bulaksumur Pos dengan senang hati membantu mencarikan dana lagi agar gambar ini bisa dimuat dengan format berwarna. Akhirnya gambar ini bisa dimuat di media massa lokal UGM dan bisa dinikmati seluruh mahasiswa UGM :D.

penampakan setelah dimuat di Bulaksumur Post edisi maba


Melalui tulisan ini saya mengucapkan banyak terimakasih pada teman-teman yang sudah turut serta menyukseskan proyek iseng ini sekaligus memohon maaf sebesar-besarnya pada teman saya Adhirga Romdona karena fotonya telah dieksplotasi sedemikian rupa sehingga menjadi cela-celaan seluruh mahasiswa UGM. Peace mannnn :)

Semoga saja proyek ini bukan proyek iseng terakhir yang melibatkan anak Komunikasi UGM lintas angkatan, semoga ada proyek iseng lainnya yang lebih seru, menghibur, dan mempersatukan teman-teman yang sudah sibuk dengan urusan akademisnya sendiri-sendiri.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook