Bikin merchandise sendiri

Minggu, Februari 05, 2012

Kali ini saya ingin bercerita tentang kesenangan saya  membuat merchandise sendiri. Beberapa merchandise yang saya bikin baru berupa kaos, topi, dan tas. Lalu kenapa saya suka bikin merch sendiri? ya semacam media buat berkspresi lah, asiknya ide-ide saya bakal tertuang dalam sebuah benda yang bisa dipake. Ditambah lagi di Jogja banyak sekali ditemui jasa bikin sablon, kaos, tas satuan membuat saya semangat membuat merchandise tersebut. Beberapa merchandise tersebut saya buat untuk diri saya sendiri tapi  ada beberapa yang dibuat massal soalnya banyak orang yang suka. Pertamakali bikin merch sendiri pas SMA, awalnya sih cuma buat narsis tapi makin bertambahnya umur bikin yang lebih berkonsep.

Disini akan saya ceritakan beberapa merch yang pernah saya bikin


Kaos Mr.GOODBOY


Kaos ini saya bikin pertangahan tahun 2008 pas akhir kelas 3 SMA. Agak narsis sih emang dengan gambar siluet muka saya dan tulisan " INTRODUCING: Mr. GOODBOY - make world brighter since 1990" kalo sekarang saya lihat kaos ini komentar saya mungkin "FAKKK banget" hahaha. Dulu sebenarnya saya agak kecewa sama vendor yang bikin kaos ini soalnya dulu doi janjiin kaosnya bakal jadi seminggu nyatanya 2 minggu baru jadi. Selain itu ada warna yang salah harusnya warna siluet muka saya itu kuning tapi yang disablon malah warna abu2. Sekarang malah saya bersyukur banget kalo salah warna, dengan begitu muka saya nggak begitu keliatan.

Kaos "Makin Berwibawa"


Kaos ini saya bikin pas tahun pertama kuliah. Kalo dipikir2 sekarang ini, saya ini narsis banget ya? bikin kaos pake foto muka ukuran besar ditambah lagi tulisannya yang bikin saya kebelet boker, "Makin Berwibawa Dan Bijaksana -  Pria Sejati" ditambah visual muka saya dengan kumis tebalnya. Ide buat bikin kaos ini dari stiker-stiker angkot yang tulisannya agak norak. Terinspirasi dari stiker angkot tersebut akhirnya saya bikin kaos norak ini; :p

Topi Matahari Foundation


Selain bikin kaos saya bikin topi juga. Sebenernya saya terinspirasi sama Ed Templeton, saya pernah liat Ed Templeton pake trucker bertuliskan "Ed Templeton.......co" saya lupa tulisannya apa yang jelas ada namanya dia tertera disana. Dari sana saya jadi terinspirasi untuk bikin yang sejenis lalu saya bikin "Matahari Foundation" hahahha niatnya sih biar kayak topi2 yayasan/lembaga gitu. Bikinnya juga cukup murah topi seharga 15.000 dan bordir yang cuma 5.000 sudah bisa bikin topi sekeren ini hahahha. peace.

Topi Happy Wednesday


Topi ini saya buat untuk memperingati hari rabu di semester 6. Sempet ada ketakutan oleh teman-teman dengan hari Rabu. Soalnya di hari Rabu ada salah satu mata kuliah yang menurut pengalaman teman-teman bisa bikin nggak tidur semaleman. Oleh karena itu saya bikin topi ini buat menyugesti mereka agar menyambut hari rabu dengan senang dan gembira. Untungnya setelah beberapa sesi kuliah apa yang ditakutkan teman-teman saya tidak terjadi. Sayang sekali baru beberapa minggu dipake topi ini ketinggalan di kelas dan pas saya cari lagi sudah ilang :(


Tas Pergi Menuntut Ilmu
Tas ini merupakan proyek bikin tas pertama saya. Hasilnya cukup memuaskan dan cukup mendapat komentar yang baik dari temen-temen yang liat. Cerita lengkapnya ada disini. Sayang sekali sekarang tasnya sudah agak rusak, sobek disana-sini. Semoga bisa segera saya buat lagi.

Kaos Khong Guan


Diantara beberapa kaos yang pernah saya buat kaos ini yang paling berkesan bagi saya. Ada beberapa hal yang membuatnya berkesan. Pertama, gambar kaos ini sempat menjadi perbincangan di dunia maya (ceritanya ada disini). Kedua, ini kaos pertama dengan desain yang agak mendingan dari kaos-kaos yang pernah say biki, dan yang ketiga, kaos ini dibikin massal bahkan ada seleb tingkat nasional yang pesan juga lho :). Awalnya saya cuma iseng desain terus saya upload di blog dan saya tambahi bentuk dummy kalo dibikin kaos. Ternyata banyak berminat, berhubung saya butuh duit buat berangkat KKN akhirnya dengan memantapkan hati saya mencoba menawarkan kaos ini keteman-teman via FB,twitter, dan kaskus dengan sistem pre-order. Lumayan ada 30an orang yang pesan. Kaospun jadi dan alhamdulillah semuanya senang dengan kaos ini. Beberapa minggu kemudian ada yang ngebuzz desain kaos ini di twitter dan ketahuan saya yang bikin. Saya pun diminta untuk bikin kaos ini lagi. Berhubung saya masih butuh duit buat KKN akhirnya saya terima permintaan orag-orang yang minta kaos ini dibikin. Alhamdulillah ada 20an orang yang pesan. Lumayanlah ada ongkos pulang KKN, soalnya KKN saya di Bangka butuh duit buat transport.

Kaos Bangkit dari Septictank
Sampai tulisan ini ditulis ini kaos terakhir yang saya bikin. Berhubung saya dah kecapekan nulis, silahkan baca cerita lengkapnya disini ya.

You Might Also Like

2 comments

  1. yang di cerca dosen gak masuk ya mat? hehehe :p

    BalasHapus
  2. oh iya kelupaan, soalnya aku nggak make yaz jadi lupa. Besok deh kutambahi

    BalasHapus

Like us on Facebook