Darimana saya mendapatkan referensi musik di playlist saya?

Selasa, Mei 29, 2012

Setiap orang pasti memiliki playlist yang berisi lagu-lagu tertentu yang sering diputar melalui alat pemutar (CD player, mp3 player) atau lewat program pemutar lagu di komputer mereka. Kemajuan teknologi internet membuat setiap orang bisa menemukan berbagai macam lagu dan bebas mengakses lagu-lagu tersebut baik dengan cara legal ataupun ilegal. Sebelum mengakses lagu-lagu tersebut tentunya oarang-orang pasti sudah pernah mendengarkan info tentang suatu lagu atau musisi. Terdapat banyak sumber informasi mulai dari teleivisi, radio, majalah, internet, film atau malah dari teman-teman kita sendiri.

Kali ini saya akan bercerita bagaimana saya bisa mendapat referensi lagu-lagu yang sering saya putar. Salah satu hal yang suka saya tonton adalah video skateboard, ya karena saya suka bermain skateboard. Itung-itung untuk menambah smangat sebelum bermain. Video skateboard adalah video yang berisi orang-orang bermain skateboard. Biasanya dikeluarkan oleh sebuah brand skateboard atau dari sebuah rumah produksi.


Salah satu video kelaran brand Alien Workshop yang berjudul Mind Field


Biasanya disetiap video selalu ada soundtrack pengisi. Dari video inilah saya mendapat referensi lagu yang biasa saya putar.  Sebagai contoh video dibawah dimana saya pertamakali mendengarkan lagu dari "Edward Sharpe and Magnetic Zero" dengan lagu yang sangat oke berjudul Home.

salah satu video skate dari Lakai Footwear "Am I am"


Video-video skate tesebut sangat berjasa bagi saya, karena telah memberikan banyak referensi lagu yang asyik. Dulu zaman saya belum main skate kira-kira umur 15 tahun, referensi lagu saya terbatas pada band-band  macam Blink 182, Greenday, Box Car Racer, dan band-band yang sering di dengarkan anak-anak seumuran itu. Sejak saya bermain skateboard dan mulai menonton video skate, referensi musik saya pun bertamabah. Ingat sekali video-video yang awal saya tonton seperti Zero - Misled Youth yang mengenalkan saya pada band-band seperti Slayer, Blackflag, The Who , biarpun saya bukan fans dari band-band tersebut, paling tidak saya pernah dengar lagunya. Banyak orang mengira bahwa video skateboard sangat kental dengan musik rock, punk, metal, atau hiphop. Padahal kenyataannya berbagai aliran musik bisa dilihat di video skateboard. Saya pun mengenal band-band seperti Sonic Youth, Postal Service, Sigur Ros, Explosion in The Sky, Animal Collective, Gizly Bear, dan berbagai nama band yang aneh-aneh dari video skate.  Bahkan kini, tujuan saya menonton video skate bukan lagi untuk melihat aksi skateboarder memainkan papannya tetapi lebih sekedar mendengarkan lagu-lagu pengisi soundtrack video tersebut. Semisal ketika ingin mendengarkan lagu Morissey - Speedway, maka saya akan menonton video Alien Workshop yang berjudul Mind Field dan saya segera menuju part Heath Kirchart.


part Hearth Kirchart di video Alien Workshop - Mind Field

Bisa dilihat bahwa Skateboad dan Video Skate merupakan salah satu bagian penting dari hidup saya. Bayangkan saja, saya bukan orang yang selalu update dengan musik, saya jarang baca majalah musik, buka situs musik, atau sekedar mencari musik aneh-aneh di internet. Mungkin jika saya nggak main skateboard dan nonton video skate sama sekali bakal terdengar alunan lagu dari Wali, ST 12, atau Ayu Ting-Ting dari laptop saya.

Alhamdulillah, I'm Skateboarder and i've watched a lot of skatevideos :)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook