mengadu peruntungan di kejuaraan internasional

Minggu, Mei 13, 2012

Tampaknya saya cukup beruntung menjadi mahasiswa periklanan. Bagaimana tidak, terdapat banyak jalur untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Salah satu jalur tersebut adalah melalui kompetisi. Di Indonesia banyak sekali lomba-lomba iklan tingkat mahasiswa digelar baik yang diselenggarakan oleh PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia) seperti Ad Student Pinastika, BG Award Citra Pariwara, Carakafest maupun yang diselenggarakan institusi kampus, seperti Ad War Pekom UI atau Ad Award Communination UMM. Wah pokoknya banyak sekali lah lomba-lomba iklan. Pastinya lomba-lomba tersebut bergengsi dan konon para "alumni" lomba tersebut banyak menjadi incaran para head hunter di industri periklanan. Jika dibandingkan dengan jurusan lain, eh jangankan di jurusan lain di jurusan saya sendiri (komunikasi) tepatnya di konsentrasi lain seperti PR atau jurnalistik,  sepertinya lomba di jurusan periklanan lebih banyak dan yang pastinya rutin digelar tiap tahun.


Selain lomba-lomba tingkat nasional juga ada lomba tingkat internasional. Biasanya lomba-lomba ini diselenggarakna dibawah sebuah Festival Iklan seperti Cannes, D&AD, CLIO, One Show, dan lain-lain pokoknya biasanya di festival-festival tersebut diselenggarakan semacam student award. Sayang sekali kendala yang biasa dialami mahasiswa indonesia untuk ikut lomba-lomba tersebut adalah biaya pendaftaran yang mahal dan beberapa lomba mewajibkan untuk mengirim materi lomba via pos.

Salah satu lomba iklan internasional yang menjadi incaran mahasiswa diseluruh dunia adalah Future Lions, entah ini ada dibawah Cannes Lions Festival atau tidak yang jelas lomba ini sangat bergengsi. Salah satu hal yang membuat lomba ini digemari adalah pendaftarannya GRATIS dan cukup mengupload karya via website yang diselenggarakan. Biarpun gratisan brief lomba ini sangat menantang yaitu "Buatlah iklan dari sebuah global brand yang tidak pernah bisa dibuat 5 tahun yang lalu". 

Melihat lomba gratisan dan brief yang menantang tersebut saya tertarik untuk mengikutinya. Sayapun mengajak Angga, partener saya di Ad Student dan BG untuk mengikuti lomba ini. Dan ini lomba internasional pertama yang kami ikuti. Setelah berminggu-minggu brainstorming dan nyaris bikin karya yang sebenernya pernah dibuat, akhirnya kami mendapat  ide dan alhamdulillah bisa mengeksekusinya . Untuk melihat karya kami untuk Future Lions 2012 bisa dilihat di video di bawah ini


Sayang sekali di lomba ini kami kurang beruntung. Bagaimana tidak, coba search kata "Future Lions 2012" di vimeo, kalian pasti bakal nemu karya yang lebih bagus, lebih gila, dan lebih futuristik dari ini. Pokoknya saingan kami berat-berat semua, malah ada beberapa karya yang sudah di review di situs-situs review iklan semacam adverblog.com. Biarpun nggak masuk shortlist, saya senang karena  bisa ngirim lomba iklan internasional. Yang  terpenting adalah dengan mengikuti lomba ini membuka mata saya pada dunia periklanan  dan membuat saya lebih peka terhadap setiap kemajuan teknologi di dunia.


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook