PNI 2 tahun yang lalu

Jumat, Mei 04, 2012


Diantara beberapa mata kuliah selama 8 semester ini ada satu mata kuliah yang saya sukai, yaitu Penulisan Naskah Iklan (PNI) alias copywriting. Alasannya saya tidak perlu membaca buku teori yang membosankan dan ini adalah matakuliah kreatif. Jadi di matakuliah ini saya bisa berkreasi sebebas-bebasnya sesuai objektif yang ada tanpa perlu terkungkung  oleh batasan teori. Yah namanya juga baru belajar tentang iklan, pada waktu itu nggak peduli yang namanya insight, brand essence, positioning, dan tetek bengeknya yang penting bikin iklan se kreatif mungkin segila mungkin yang penting bisa dipahami audiens. Kalo sekarang ngeliat karya-karya yang dibuat dulu kayaknya karya-karya yg dulu itu asal banget malah bisa dibilang jelek dan nggak pantes buat dimasukin portofolio. Untung saya sadar jadi sekarang bisa mencoba bikin karya yang lebih oke buat dimasukin portofolio.



Dalam perkuliahan satu kelas dibagi beberapa kelompok, setiap minggu diberikan tugas yang berbeda-beda. Mulai dari print ad, radio ad hingga TVC dan diakhir perkuliahan diadakan final pitching dimana kelompok yang terpilih bakal dikasih kesempatan buat presentasi didepan klien. Waktu itu saya bergabung dengan kelompok "Owl Out"yang beranggotakan Didi, Brian, Hafiz, Sinsko, Tika, dan Aminah. Suka duka kami lalui bersama, untungnya selama mengerjakan tugas kami jarang sekali lembur. Pokoknya menyenangkan.

Akhirnya sampai juga diakhir semester, tugas terakhirpun disampaikan. Kami diminta untuk membuat campaign produk Mizone. Untuk tugas terakhir ini kami kerja keras sekali. Mulai bikin properti buat syuting, hujan-hujanan untuk syuting TVC, dan mati listrik pas ngedit video padahal dikejar deadline. Akhirnya setelah melalui perjuangan yang cukup panjang kelompok kami terpilih untuk presentasi di depan klien dan yang lebih membuat senang adalah teman-teman saya yang lain seperti Arie dan Angga beserta kelomponya juga ikut maju  untuk presentasi didepan klien.

Tibalah waktunya untuk presentasi, juri presentasi kami adalah Mbak-mbak perwakilan Mizone (saya lupa namanya) dan Mbak Maria dari Y&R Jakarta (Agency yang megang mizone waktu itu). Wah senang sekali rasanya bisa presentasi di depan klien beneran dan karya kami direview oleh orang agency ternama di Indonesia. Acara presentasi meriah sekali, hal ini disebabkan karena ada beberapa kelompok yang melakukan perform sebelum presentasi. Kelompok saya juga salah satu kelompok yang ikut perform, sebenarnya saya sendiri malas ikut-ikutan perform...tapi mau bagaimana lagi yah itung-itung biar presentasinya meriah. Setelah perform tersebut kami pun mempresentasikan karya kami, sempat agak minder sih sama kelompok lain soalnya karya kelompok lainnya bagus-bagus. Alhamdulillah para juri menanggapi positif karya yang kami buat, selain itu mereka juga memberi masukan pada karya kami, dan yang paling asoy adalah kelompok kami terpilih sebagai kelompok terbaik. Senang sekali kami waktu itu karena kerja keras kami selama ini diapresiasi dengan baik oleh para juri.



Berikut ini sedikit video dokumentasi presentasi final pitchin PNI.


salah satu perform kelompok "Kendil" yang sangat menghibur

kelompok kami "Owl Out" juga nggak mau kalah


Mbak Maria dari Y&R Jakarta sedang memberi masukan pada kelompok kami

You Might Also Like

5 comments

  1. Wah seru banget kelasnyaaa! Anak iklan sih, rame :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi...ayo ambil kelas PNI, mumpung belum lulus :p

      Hapus
    2. Pffft. Mending nyelesein skripsi deh mat :p

      Hapus
  2. hahahahahaha, mat kok ga ada bagian kamu skate board dan ada yg pake sepeda itu?

    ngomong2 aku bangga sama kalian hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga bangga pernah dimentorin sama mbak damar hihihihihi :)

      Hapus

Like us on Facebook