semoga membawa kebaikan

Senin, Mei 14, 2012



Jadi di kampus saya, jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik mewajibkan mahasiswanya mengambil mata kuliah lintas jurusan. Apa itu matakuliah lintas jurusan? jadi mahasisswa diwajibkan mengambil mata kuliah jurusan lain semisal mahasiswa komunikasi harus mengambil matakuliah anak sosiologi. Berhubung semester 7 kemarin saya nggak ngambil mata kuliah satupun karena magang jadinya saya harus mengambilnya di semester ini.


Mengambil matakuliah lintas jurusan itu tergolong sulit karena periode pengisian KRS (kartu rencana studi) matkul lintas jurusan dilakukan setelah periode pengambilan matkul wajib. Tidak jarang mahasiswa kehabisan kelas lintas jurusan yang menyebabkan masa studinya molor akibat kehabisan kelas yang diwajibkan tersebut.

Alhamdlillah awal januari lalu saya berhasil KRS dan mendapatkan mata kuliah lintas jurusan. Mata kuliah yang saya ambil adalah mata kuliah jurusan PSDK (Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan) yaitu Gerakan, Sosial, dan Pembangunn serta Gender, keluarga, dan Pembangunan. Waktu saya mengambil mata kuliah tersebut saya nggak tau itu mata kuliah apa dan saya bakal kuliah sama siapa aja. Soalnya mata kuliah lintas jurusan yang tersisa tinggal matakuliah yang  berhubungan dengan politik dan saya tidak suka mata kuliah yang berhubungan dengan politik, maka saya ambil mata kuliah ini.

Saya pun masuk ke dua kelas ini. Yak kedua kelas ini diampu oleh dosen yang sama. Dosen perempuan, muda, dan enerjik (mungkin bisa dibayangkan dosen muda yang enerjik itu seperti apa :) ). Mau nggak mau saya harus beradaptasi dengan budaya perkuliahan jurusan lain, dan di kedua kelas ini saya masuk golongan mahasiswa angkatan tua karena mayoritas diisi oleh mahasiswa angkatan 2009 dan 2010. Untuk mata kuliahya pun sempat agak membuat tidak bersemanagat karena kebanyakan bahas teori teori dan teori. Alhamdulillah makin kesini, sudaah mulai membahas studi kasus dengan melihat film atau mendatangkan pembicara.

Semoga saja dua mata kuliah ini menjadi penutup akhir masa perkuliahan dengan menyenangkan sebelum mulai berurusan serius dengan skripsi. :)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook