tips magang di agency iklan

Selasa, Mei 15, 2012

Kali ini saya akan sharing tips-tips jika akan magang di Agency iklan di Jakarta, khususnya buat temen-temen non Jakarta yang ingin menimba ilmu di ibu kota. Tips ini saya buat berdasarkan pengalaman saya magang di salah satu agency di Jakarta.


1. Tempat Magang.
Carilah tempat magang yang tepat. Maksudnya maganglah di agency sesuai dengan motivasimu. Semisal motivasimu mau cari uang, cari tempat magang yang dibayar. Kalo mau cari pengalaman, cari tempat magang yang sering ngajakin anak magang ngelembur, produksi, brainstorming, dll. Kalo kamu mau belajar award2an coba magang di agency yang orang-orangnya sering dapet award.

2. Info tempat magang (email, alamat , telepon)
Untuk informasi tempat-tempat magang tersebut bisa tanya ke temen-temenmu yang dah pernah magang, tanya senior yang dah kerja di agency, atau cari informasi di LinkedIn. Untuk LinkedIn, biasanya orang-orang agency banyak yang punya akun disana. Coba di-invite, cari alamat emailnya, dan kamu bisa langsung bertanya (itu juga kalo di-reply).



3. Siapkan porto tebaikmu, jangan lupa CV yang unik
Portofolio bisa diambil dari tugas-tugas kuliah atau project iklan pribadi. Kalo kamu mau ngelamar jadi copywriter dan punya blog, cantumkan juga alamat blogmu di CV atau email. Kalo kamu punya porto online, cantumkan juga link portomu ke CV/email siapa tau yang nyeleksi anak magang males download porto kalian. Jangan lupa CV yang unik, mungkin portomu biasa namun jika kamu bisa mengemasnya dengan cara yang unik siapa tahu kamu dipilih untuk magang.

3. Jangan ngirim file terlalu besar (usahakan maksimal 2 MB)
Nggak semua agency dikaruniai internet super kenceng, kebutuhan mereka juga beragam dan butuh internet dengan bandwith besar juga. Jangan ganggu aktivitas mereka dengan ukuran portomu yang terlampau besar.

4.Mengirim lamaran magang
Kirim lamaran magangmu dengan jelas. Maksudnya, perkenalkan siapa kamu, kamu mau magang di posisi apa, motivasi magang. Ingat jangan sampai kamu ngirim lamaran magang hanya berupa file attachment tanpa ada semacam tulisan pengantar (kayak email kosong ber-attachment).

5. Kirim lamaran jauh-jauh hari sebelum mulai magang.
Kalo bisa kirim beberapa bulan sebelumnya, karena yang mau magang nggak cuma kamu. Dengan dikirim jauh-jauh hari semoga kamu  bisa magang di waktu yang telah direncanakan sebelumnya.

6. Kirim lamaran di beberapa tempat
Jangan sia-siakan waktumu dengan menunggu sesuatu yang tak pasti. Coba kirim ke beberapa tempat, siapa tau dari beberapa agency yang kamu kirimi ada yang menolak dan mau menerimamu.  Dengan kamu  ngirim banyak, maka peluangmu lebih besar. Itu lebih baik dari pada menunggu jawaban 1 agency yang tak jelas kepastiannya mau menerimamu atau tidak. Jika lamaranmu nggak dibales jangan berkecil hati, siapa tahu disana emang lagi nggak ada slot buat anak magang. Teman saya ada yang pernah ngelamar magang jadi Art Director di Ogilvy, sekian lama nggak dibales dikiranya ditolak, beberapa bulan kemudian dia ditelepon dan ditawari untuk kerja disana.

7.  Tempat tinggal
Pastikan kamu tau mau tinggal dimana. Ingat jangan asal nekat, kamu harus punya rencana mau tinggal dimana nanti. Apakah mau ngekost, tinggal di rumah saudara, atau ngontrak rumah hal-hal tersebut harus dipikirkan sebelumnya.

8. Observasi lokasi
Datanglah ke jakarta sekian hari sebelum mulai magang. Dengan begitu kamu bisa ngecek lokasi kantor, tempat makan sekitar kantor, dan yang terpenting transportasi untuk kesana.

9. Transportasi.
Kalo kamu nggak ada kendaraan pribadi, berarti kamu harus mencari rute angkutan umum paling efektif dari tempat tinggal ke kantor. Jangan lupa perkiraan waktu tempuh dari tempat tinggal ke kantor.

10. Rencana studi
Magang di luar kota berarti kamu nggak bisa magang sambil kuliah. Oleh karena itu rencakan secara matang, kapan mau magang, berapa lama kamu magang,kira-kira jika tabrakan sama masa kuliah berapa minggu kamu harus bolos kuliah, dsb.

Mungkin itu saja sekian tips dari saya. Mungkin masih banyak kekurangan dari tips-tips yang saya sampaikan. Jika ada masukan atau kritikan bisa ditulis di bagian komentar.

Selamat mengirim lamaran magang, semoga diterima magang di agency yang diinginkan. :)

*Buat yang udah berhasil dapet tempat magang ada tambahan dari Mbak Damar, senior saya di Komunikasi UGM yang dah kerja disalah satu agency di Jakarta.

10.koneksi
Cari banyak kenalan di tempat magang dan simpan nomor kontak mereka untuk mencari tahu lowongan pekerjaan pas udah lulus nanti. Biasanya di ahensi, lowongan pekerjaan disebar secara intern dan anak ahensi diminta memberitahukannya ke teman yang potensial. Jadi jangan heran kalau susah menemukan pengumuman open recruitment untuk ahensi.

You Might Also Like

2 comments

  1. tips nomor 9: cari banyak kenalan di tempat magang dan simpan nomor kontak mereka untuk mencari tahu lowongan pekerjaan pas udah lulus nanti. Biasanya di ahensi, lowongan pekerjaan disebar secara intern dan anak ahensi diminta memberitahukannya ke teman yang potensial. Jadi jangan heran kalau susah menemukan pengumuman open recruitment untuk ahensi.

    BalasHapus
  2. makasih mbak damar tambahannya :)

    BalasHapus

Like us on Facebook