Mengapa magang itu penting?

Jumat, Juni 15, 2012

Di tempat kuliah saya Jurusan Komunikasi UGM tidak mewajibkan mahasiswanya untuk magang. Mau magang silakan kalo nggak mau ya monggo...nggak ada pengaruh apapun sama nilai. Tetapi menurut saya magang itu penting apalagi bagi mahasiswa yang memiliki passion di advertising. Bagi saya mahasiswa yang punya passion di iklan mau nggak mau harus magang di agency atau syukur-syukur kalo dah jadi freelance sebelum lulus.   Meskipun nggak ada pengaruhnya sama perkuliahan sebenernya magang di agency iklan itu sangat penting. Berikut ini saya ceritakan beberapa manfaat yang didapat kalo magang di agency.



1. Menambah pengalaman
Kalo magang kita bakal dilibatin untuk ikut dalam proses pembuatan iklan entah cuma diajak brainstorming atau malah diajak mulai dari brainstorm sampai tahap produksi. Selain itu kita juga bakal ngerti gimana kondisi sebenarnya kalo kerja di agency. Hal-hal kayak gini kayak gini yang nggak bakal didapetin di kelas.

2. Menambah pengetahuan
Kalo kita dilibatin dalam proses pembuatan iklan otomatis kita bakal dapet banyak pengetahuan baru. Pengetahuan yang didapat waktu magang bisa berasal darimana saja, bisa dari mentor atau berdasarkan pekerjaan yang dibikin. Otomatis waktu kita dilibatin dalam pembuatan iklan entah  mbantuin translate, bikin storyline, atau  bikin copy sedikit demi sedikit kita bakal banyak belajar dari situ. Istilahnya "learning by doing' lah...., yang jelas banyak pengetahuan baru yang didapet waktu magang banyak yang nggak bakalan didapet di kelas.

3. Menambah teman
Waktu magang biasanya kita nggak sendirian. Kita bakal ketemu sama anak-anak dari Universitas lain dengan berbagai macam karakter dan perilaku. Dari sini kita bisa banyak belajar dari mereka, tukar pengalaman, atau mungkin jika teman kita cukup "sakti" kita bisa banyak belajar darinya.

4. Menambah koneksi
Ini salah satu hal yang nggak bakal di dapet di kelas, KONEKSI. Di tempat magang pastinya kita bakal kenal sama banyak orang di agency. Dari sini kita bisa minta nomer kontak mereka untuk mencari tahu lowongan pekerjaan disana pas udah lulus. Biasanya di agency, lowongan pekerjaan disebar secara intern dan anak agency diminta menginformasikannya ke kenalan mereka yang potensial.

Itu mungkin sedikit gambaran dari banyak sekali manfaat yang bisa didapat kalo magang di agency. Ayo temen-temen buat yang punya passion di advertising mumpung habis UAS ada libur panjang, isilah libur kalian dengan sesuatu yang berguna salah satunya dengan magang di agency iklan. Siapin CV dan portfolio-mu sekarang dan segera kirim.

Oh iya bagi yang berniat mau magang saya pernah nulis tentang tips bagi yang mau magang di agency, silakan baca disini.


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook