Tulisan a la anak komunikasi UGM ada disini

Jumat, Juni 01, 2012

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan yang seharusnya membiasakan mahasiswanya untuk menulis. Bagaimana tidak, pekerjaan yag behubungan dengan ilmu komunikasi sangat erat kaitannya dengan kegiatan menulis, sebut saja jurnalis, copywriter, atau praktisi kehumasan. Semua profesi tersebut menuntut setiap orang didalamnya untuk bisa menulis. 

Saat ini saya kuliah di jurusan ilmu komunikasi UGM yang berarti mau tidak mau saya harus bisa menulis. Apalagi dengan cita-cita saya ingin menjadi copywriter di awal karir saya nanti. Hal ini menuntut saya untuk bisa menulis. Untuk bisa menulis dibutuhkan latihan agar terbiasa. Dan dengan blog ini saya belajar menulis. Mungkin jika teman-teman membaca isi blog ini bisa dibilang 90% nggak ada yang penting dan tidak bisa dijadikan sumber referensi terpercaya, tapi itulah saya, beginilah gaya saya menulis, saya  mecoba menulis apa adanya. 


Omong-omong soal menulis blog, ternyata di jurusan ini saya tidak sendiri. Teman-teman saya sadar akan pentingnya membiasakan menulis dan mereka memiliki blog. Sebut saja Awe (komunikasi 2006), Jaki (komunikasi 2005), Damar (komunikasi 2007), Angga (komunikasi 2008), Sekar (komunikasi 2011), Derry (komunikasi 2009), Bisma (komunikasi 2010), Arie (komunikasi 2008), dan banyak nama-nama lainnya. 

Di bulan Mei tahun lalu (2011), Awe senior saya menginisiasi sebuah gerakan yang bernama #31harimenulis. Ini  semacam gerakan untuk menulis sehari minimal satu tulisan dalam satu bulan. Jika dalam satu hari tidak menulis akan didenda sebanyak Rp 20.000. Di awal pergerakannya, gerakan ini diikuti 34 peserta dari berbagai angkatan.



Tahun ini #31harimenulis digelar lagi, dengan aturan yang sama, dan diikuti lebih banyak peserta. Sebanyak 63 orang mengikuti gerakan ini, mulai dari angkatan 2005 hingga 2011, dari yang masih mahasiswa sampai yang sudah lulus dan bekerja. Senang sekali rasanya, bisa melihat anak komunikasi rajin menulis dan peserta #31harimenulis  yang bertambah 2 kali lipat.

Salah satu hal yang saya senangi dari #31harimenulis adalah seluruh tulisan peserta direkap dan dikumpulkan dalam satu postingan. Jadi saya bisa melihat tulisan peserta lain dengan sekali klik. Dengan membuka blog #31harimenulis dan melihat tulisan para peserta, kita dapat melihat berbagai macam gaya penulisan mulai. Melalui #31hari menulis juga menyadarkan kita bahwa anak-anak komunikasi UGM memiliki potensi yang besar di bidang penulisan (tentunya bagi yang konsisten menulis).

Hari ini 31 mei #31harimenulis berakhir. Semoga saja para peserta tetap konsisten untuk menulis, entah di blog, website, atau mungkin di media massa. Karena mereka adalah anak komunikasi dan mereka harus bisa nulis. Semoga semangat menulis tetap terjaga hingga akhir hayat.

untuk melihat aneka macam tulisan peserta bisa dilihat di http://31harimenulis.blogspot.com





You Might Also Like

2 comments

  1. wah mas, ini mantep tapi ane telat. maybe next time. baru tau ane ada event mantep gini.

    BalasHapus

Like us on Facebook