Mengadu Peruntungan di Negeri Ginseng (part 3)

Senin, September 10, 2012

Lanjutan dari Part 2

Hari ini (Sabtu 25 Agustus 2012) hari terakhir Festival, begitu juga dengan acara Young Stars. Karya yang sudah di-submit tinggal menunggu dijuri dan diumumkan pemenangnya nanti malam waktu acara penutupan. Agendanya cuma workshop sama seminar, lumayanlah dapet beberapa workshop dari kalangan praktisi. Workshop pertama yang ngisi Prof. In Sup Shin, di workshop (atau malah bisa disebut kuliah) tersebut Pak Professor nyeritain sejarah periklanan korea dari masa perang dunia kedua sampai eranya K-Pop. Workshop kedua yang ngisi Kash Sree, saya agak lupa isi workshopnya tapi kayaknya standar workshop iklan sih...nyeritain gimana cara nyari ide sama show off beberapa karya yang ada. Workshop terakhir yang ngisi Brand Union yang dikomandoi sama Alan Couldrey. workshopnya tentang branding, tapi sayang singkat sekali. Biarpun cuma singkat tapi lumayan juga bisa ngasih pandangan awal tentang branding.
workshop bareng Brand Union

Sambil menunggu acara penutupan, kami nyempetin buat nonton pameran. Seperti yang sudah saya ceritain di postingan sebelumnya banyak entry dari Indonesia yang jadi finalis, beberapa diantaranya entry dari JWT, Hakuhodo, Grey, Creative Juice, Colman Handoko, sama Y&R. Karya mereka keren-keren pokoknya.

entry dari JWT Jakarta

entry dari Grey Jakarta

Entry dari Hakuhodo

entry dari Y&R

entry dari Y&R Jakarta

entry dari JWT Jakarta

entry dari Creative Juice Jakarta

Akhirnya yang ditunggu pun tiba, closing ceremony yang mana bakal diumumin pemenang Young Stars 2012. Acara dimulai dengan pertunjukan kesenian tradisional. Terus ngelanjutin awarding kemarin yang belum selesai. Setelah pengumuman awarding saatnya pemenang Young Stars 2012 diumumin. Saya deg-degan banget waktu ini. Kevin Lee (ketua juri) naik ke panggung dan pemenang pun diumumin. Sayang sekali...kami nggak menang, yang menang sebagian besar tim dari Korea yang dari luar korea kayaknya cuma dari Rusia (2 tim). Sempet agak sedih juga sebenernya, soalnya udah jauh-jauh kesini. Tapi jujur aja karya kami masih kalah kalo dibandingin mereka. Dari sini saya sadar bahwa saya masih harus banyak belajar dan update sama teknologi-teknologi terbaru dan kegunaannya. Biar begitu saya bersyukur karena dikasih kesempatan buat nyoba lomba iklan tingkat internasional, lumayanlah dapet pengalaman siapa tahu besok-besok dikasih lagi kesempatan buat ikut Young Lions atau Young Lotus, hehehehehe...aamiiin.

Closing ceremony selesai, sekarang saatnya mengisi perut di after party. Seperti biasa ngeliat makanan yang bermacam-macam saya jadi kalap, biar begitu saya nggak bisa sembarangan ngambil makanan. Soalnya saya berusaha untuk hanya makan makanan halal saja. Kalo udah begitu pilihan makanan yang bermacam-macam tiba-tiba kayak tinggal satu jenis aja. Tapi lumayan lah dapat makan gratis.

Habis makan kami sempetin ketemu sama juri dari Indonesia, Mas Randy Rinaldi. Kami sempet ngobrol ngalor-ngidul seputar dunia per-award-an. Beliau juga menasihati kami biar tetap semangat dan terus konsisten untuk berkarya. Selain ketemu sama Mas Randy, kita juga sempet ngobrol sama Mr. Alan Couldrey. Ternyata Mr. Alan ini pernah kerja di Ogilvy Jakarta selama 12 tahun, pantas saja bahasa indonesianya lancar dan orangnya sangat ramah sekali. Beliau juga merupakan salah satu orang yang membesarkan brand "A" dengan tagline legendarisnya "bukan basa basi". Senang sekali saya bisa nyempetin ngobrol sama Mas Randy dan Mr. Alan. Setelah ngobrol bentar kami pamit dan kembali ke hotel untuk istirahat.

Kevin Lee ngumumin pemenang Young Stars 2012
bersama Mr. Alan Couldrey
Keesokan paginya, kami langsung bergegas ke Busan Station untuk mengambil kereta ke Seoul. Rencananya kami mau ke Seoul naik KTX (semacam sinkanzen kalu di Jepang). Biarpun agak mahal (sekitar 54.000 won) kereta ini sangat menghemat waktu. Busan - Seoul yang biasa ditempuh sekitar 5 jam bisa ditempuh dengan 2,5 jam saja. Lumayan menghemat waktu, mengingat waktu kami yang terbatas.

Busan station

Angga mahasiswa KKN sejati

pemandangan di dalam kereta

Setelah kurang lebih 2,5 jam perjalanan sampailah kami di Seoul. Sesampai di guesthouse, kami istirahat sebentar karena sore hari kami berencana untuk ke Myeongdong, semacam pusat belanja di Kota Seoul. Setelah istirahat beberapa saat pergilah kami ke Myeongdong naik subway.

Wow ternyata Myeongdong itu ramai sekali. Banyak ditemui turis disini bahkan saya juga ketemu beberapa orang Indonesia. Berbagai toko brand-brand terkenal berjejeran disini. Yang paling bikin ngiler pas masuk tokonya New Balance, disini banyak sekali pilihannya nggak kayak di Indonesia yang sangat terbatas. Sayang sekali saya lagi nggak punya banyak duit jadi cuma bisa puas liat-liat. Terus kami iseng-iseng liat tokonya uniqlo. Saya tahu uniqlo soalnya dulu pernah dikasih tugas study case-nya uniqlo sama dosen. Sebelumnya saya cuma liat campaign mereka yang keren-keren di internet sekarang saya bisa bisa masuk ke tokonya. Disini tempatny paling affordable kayaknya,  soalnya banyak barang diskon,  lumayanlah ada yang bisa dibeli.

Habis puas jalan-jalan di Myeongdong kami iseng-iseng pergi ke Seoul Tower. Kayaknya kurang afdol kalo dah jauh-jauh ke Seoul nggak ke Seoul Tower. Berhubung kami nggak tau transportasi kesana dan Seoul Tower keliatan deket berangkatlah kami kesana dengan jalan kaki. Makin lama jalan makin menanjak, wajar saja Seoul Tower tempatnya ada diatas bukit. Ditengah perjalanan kami baru tahu kalo ada bus yang menuju kesana. Akhirnya kami memilih untuk naik bus dan sampai di Seoul Tower dengan selamat. Sesampainya disini kami disuguhi dengan pertunjukan video mapping di Seoul Tower. Wow bagus banget dan ini pertama kalinya saya lihat video mapping. Setelah puas jalan-jalan dan melihat-lihat seoul tower kami memutuskan untuk pulang karena besok pagi harus bergegas ke bandara untuk penerbangan ke Indonesia.

Si Angga kayak om-om yang habis beli baju buat wanita simpanannya

rame banget nih tempat

Seoul Tower
wooow video maping
Paginya kami harus segera bergegas untuk ke Bandara Incheon, waktu tempuhnya sekitar 1 jam dari Seoul jadi kami harus sudah berangkat ke bandara sekitar pukul 7 pagi. Dari seoul kami mengambil Airport Bus, sempet nunggu sekitar 20 menit akhirnya sekitar pukul 7.30 bus datang dan mengantar kami ke bandara. Sampai di bandara kami segera check in, mengurus imigrasi, dan menunggu pesawat menjemput kami. Sekitar pukul 11.30 pesawat lepas landas dan meninggalkan Korea Selatan.

jalanan Seoul di pagi hari.

Goodbye South Korea, see you next time :)