Macam-macam salam berdasarkan jumlah jari

Sabtu, Desember 22, 2012

Di dunia yang penuh  dengan simbol ini kita mengenal berbagai bentuk komunikasi non verbal. Salah satunya adalah handsign yang beraneka rupa dan makna. Berikut ini beberapa handsign yang pernah saya temui.




Salam Tiga Jari sering kita lihat di pertunjukan musik metal. Ditengah alunan musik yang memekakkan telinga, para metalhead mengacungkan "salam tiga jari" agar pertunjukan musik lebih meriah dan tentunya agar biar keliatan kayak anak metal gitu deh. Katanya sih menurut berbagai sumber handsign ini merupakan simbol setan. Selain itu ada yang menyebutkan kalo "salam tiga jari" disebut "ILY". Sign ini diambil dari American Sign Languange yang artinya I Love You.
Sesuai namanya, salam jenis ini sering ditemui di komunitas "Salam Satu Jari". Kalo nggak salah komunitas ini semacam komunitas anak metal yang menjunjungg tinggi nilai-nilai keislaman. Katanya sih mereka milih satu jari soalnya kalo 3 jari itu simbol iblis, jadi mereka melipat jari kelingking dan jempol dan menyisakan jari telunjuk saja. Katanya sih makna satu jari itu tauhid atau satu Tuhan. Duh kayaknya berat banget ya kalo dibahas disini~


Lha kalo salam jenis ini punya arti yang berbeda berbagai daerah. Di Brazil dan Portugal handsign ini bisa berarti "good luck". Berbeda dengan Brazil dan Portugal, di beberapa negara handsign ini punya arti lain.  Di Indonesia, Rusia, Jepang, Turki, dsb handsign kayak gini punya arti yang "cabul", jadi siap-siap dihajar masa kalo nunjukin handsign ini ke orang lain.

Sudah ah jangan terlalu serius ngebahasnya. Selamat berakhir pekan semua.
Maaf kalo agak sok tahu :)

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_gestures
http://www.tnol.co.id/komunitas/minat/10892-salam-satu-jari-anak-metal-penentang-iblis.html

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook