Kalo bisa lebih sederhana kenapa harus ribet?

Sabtu, Februari 02, 2013

Sekitar satu bulan yang lalu saya mencoba membeli buku secara online di Toko Aksara. Kebetulan ada buku yang bikin saya penasaran dan ternyata di jual disana. Setelah menunggu sekitar 4 hari sejak pembelian  akhirnya buku tersebut sampai juga (beli kamis, selasa nyampe).


Bukunya berjudul "Brutal Simplicity of Thought: How it Changed The Wolrld" karangan Maurice Saatchi. Bagi yang belum tahu, Maurice Saatchi  merupakan salah satu founder dari agency iklan Saatchi & Saatchi yang kemudian keluar dan bikin agency baru bernama M&C Saatchi. Buku ini sendiri dijadikan training book bagi pegawai di agency tersebut. 

Meskipun ditulis sama orang iklan, secara eksplisit buku ini nggak ngomongin iklan sama sekali. Buku ini lebih membahas tentang hal-hal sederhana yang merubah dunia. Semisal bagaimana membuat konsumen berbelanja lebih banyak atau bagaimana membuat orang percaya pada orang yang tidak membawa uang. Semua itu berawal dari ide-ide sederhana yang terkadang didapat secara kebetulan. Kombinasi antara kebetulan dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Dari lebih dari 100 halaman buku ini ada satu bagian yang menurut saya bagian terpenting dari buku ini. Dia menulis seperti ini

It's easier to complicate than simplify.
 Simple ideas enter the brain quicker and stay there longer.

yang kemudian membuat saya sadar bahwa kenapa banyak orang di dunia ini yang suka membuat segalanya menjadi rumit daripada membuatnya lebih sederhana. Ya karena membuat lebih rumit itu memang lebih gampang daripada membuatnya lebih sederhana. Padahal dengan hal  sederhana itulah sebuah ide bisa lebih mudah diingat dan dapat diingat lebih lama. 

Membaca buku tersebut membuat saya tertantang untuk membuat segalanya lebih sederhana. Apapun itu...seperti masalah yang sedang dialami, pekerjaan, atau mungkin skripsi :p. Berhubung menyederhanakan itu tidak mudah mungkin bisa dimulai dengan tidak membuat rumit masalah yang ada.

Ya mungkin begitu.







You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook