Lift

Rabu, Juli 17, 2013

Lift. Sebuah kotak besi yang bisa membawa orang-orang naik dan turun di gedung-gedung bertingkat.  Sekarang ini lift bisa ditemukan dimana-mana. Mulai dari mall, hotel, hingga kampus. Lift memudahkan siapa saja untuk bisa naik ke beberapa lantai di sebuah gedung tanpa harus kecapekan naik tangga. Pengalaman saya pertama kali naik lift adalah pada sekitar tahun 95/96 di Galeria Mall. Pada saat itu Galeria baru saja buka dan Galeria Mall adalah satu-satunya pusat perbelanjaan di Yogyakarta yang memiliki lift. Pada waktu itu agak aneh waktu pertama kali naik lift, masuk sebuah kotak dan tiba-tiba sudah sampai di lantai yang dituju.

Ketika naik lift  kita tidak selalu sendiri, kadang-kadang kita harus berbagi ruang dengan orang yang sama-sama menggunakan lift. Kadang dengan satu orang, dua orang, atau beberapa orang hingga lift mengeluarkan tanda kelebihan beban. Lift ibarat sebuah bus kota. Di dalam bus kota kita akan bertemu dengan berbagai macam orang dengan berbagai tujuan, di dalam lift juga demikian kita juga akan bertemu berbagai macam orang dengan berbagai tujuan. Bedanya bus kota berhenti di halte kalau lift berhenti di setiap lantai. Kadang saya berharap bisa satu lift dengan mbak-mbak lucu, harapan yang sama muncul ketika saya naik bis kota. Sayangnya nggak pernah kesampaian.

Beberapa hari yang lalu saya sempat iseng merekam aktivitas orang-orang di dalam lift di beberapa tempat, yaitu Ambarukmo Plaza, Perpustakaan Pusat UGM, dan Fisipol UGM. Mari disimak.


You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook